Harian Berita | Hiburan | Unik | Info Harga
content top

Hebat Kompor Ini Selain Untuk Memasak Bisa Untuk Ngecas HP

Unik.HarianBerita – Mmm… ini benar-benar suatu inovasi yang sangat luar biasa. Sebuah kompor keren berhasil diciptakan. Hebatnya, kompor ini selain digunakan untuk memasak kompor ini juga bisa digunakan untuk ‘ngecas’ ponsel.

Begitulah teknologi yang ditawarkan kompor yang diberi nama BioLite ini. Dengan memasak, kompor ini menyimpan tenaga panas yang diubah menjadi tenaga listrik.

BioLite menghasilkan daya sebesar 1-2 watt setiap kali kompor ini digunakan untuk memasak. Untuk penggunaanya, tenaga listrik dapat disalurkan melalui port USB yang disambungkan untuk mengisi daya ponsel atau menyalakan lampu LED.

Panas yang dihasilkannya didapat dari kayu bakar, tapi kompor ini tidak menghasilkan banyak asap. Jumlah asapnya berkurang hingga 95% dibandingkan kompor biasa. Selain itu kompor ini dapat mematangkan seliter air kurang dari empat menit.

Untuk berat sendiri, kompor ini hanya seberat kurang dari 1 kg. Untuk menyalakannya, bisa menggunakan ranting, sekam, jerami, atau semak belukar.

Kompor ini sudah memenangkan penghargaan 2010 Sustainable Brands Innovation Open. Versi kempingnya akan dikeluarkan BioLite tahun depan.

Perangkat ini sangat bermanfaat terutama untuk rumah tangga di negara miskin dan berkembang yang hemat biaya listrik, atau orang-orang yang kemping.



Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.