Harian Berita | Hiburan | Unik | Info Harga
content top

Ada Relief Vulgar Di Candi Borobudur

Ada Relief Vulgar Di Candi Borobudur – Borobudur merupakan sebuah bangunan peninggalan Raja Simaratungga yang dibangun pada tahun 824. Borobudur sendiri terdiri dari 1460 panel relief dan 504 stupa yang mengitari bangunan yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini. Tapi tahukah anda di balik relief-relief tersebut, ternyata ada panel-panel yang sengaja dihilangkan, diduga relief tersebut mengisahkan tentang kevulgaran atau bisa dikatakan cabul.

Panel-panel itu sendiri diketahui berada di bagian bawah bangunan tersebut yang biasa disebut Kamadhatu. Bagian fondasi tersembunyi itu terdiri dari 160 relief adegan Sutra Karmawibhangga atau hukum sebab-akibat. Panel-panel itu menggambarkan perbuatan yang mengikuti hawa nafsu manusia, semisal bergosip, membunuh, menyiksa dan memerkosa. Juga ada adegan-adegan seks dalam berbagai posisi.

Mengapa panel-panel ini disembunyikan?. Menurut beberapa orang berpendapat, panel ini di sembunyikan karena tidak boleh dipertontonkan ke publik, tapi ada pula yang menduga penutupan ini semata-mata demi kestabilan posisi candi agar tidak amblas.

Terlepas dari perdebatan itu, keseluruhan relief di Borobudur mencerminkan ajaran Budha Mahayana: semakin ke atas semakin mencapai kesempurnaan. Bagian paling bawah atau Kamadhatu menggambarkan perilaku penuh angkara murka dan hawa nafsu yang menyebabkan seseorang masuk neraka jahanam.



Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.